Pages

Tugas Pertama PKN

                                          TUGAS PERTAMA


   DISUSUN OLEH :

           NAMA : AHMAD FATIHUR RIZQI
           KELAS : 2TA04
          NPM    : 10315001


                                     PROGAM STUDI :




    TEKNIK SIPIL
                                       PKN

  FAKULTAS TEKNIK & PERENCANAAN
                   UNIVERSITAS GUNADARMA
                                               2015



1.Saya memilih contoh Negara yang republic Indonesia dan Jerman :
Sistem Pemerintahan Indonesia

Sistem Pemerintahan Presidensial di Indonesia
        Sistem pemerintahan Presidensial merupakan sistem pemerintahan di mana kepala pemerintahan dipegang oleh presiden dan pemerintah tidak bertanggung jawab kepada parlemen (legislative). Menteri bertanggung jawab kepada presiden karena presiden berkedudukan sebagai kepala Negara sekaligus kepala pemerintahan.
Ciri-ciri sistem pemerintahan Presidensial:
1.    Pemerintahan Presidensial didasarkan pada prinsip pemisahan
kekuasaan.
2. Eksekutif tidak mempunyai kekuasaan untuk menyatu dengan
    Legislatif.
        3. Kabinet bertanggung jawab kepada presiden.
        4. Eksekutif dipilih melalui pemilu.Kelebihan sistem  
            pemerintahan Presidensial:
1.    Badan eksekutif lebih stabil kedudukannya karena tidak tergantung pada parlemen
2.   Masa jabatan badan eksekutif lebih jelas dengan jangka waktu tertentu.
3.   Penyusun program kerja kabinet mudah disesuaikan dengan jangka waktu masa jabatannya.
4.   Legislatif bukan tempat kaderisasi untuk jabatan-jabatan eksekutif karena dapat diisi oleh orang luar termasuk anggota parlemen sendiri.

Bentuk Pemerintahan Republik di Indonesia
        Republik berasal dari kata res publica yang artinya kepentingan umum. Republik adalah bentuk pemerintahan yang kepala negaranya dipilih oleh rakyat (secara langsung maupun melalui perwakilan). Masa jabatan kepala negaranya dibatasi (misalnya: empat tahun seperti di Amerika Serikat; atau lima tahun seperti di Indonesia). Republik merupakan bentuk pemerintahan yang didasarkan atas ukuran kesamaan karena kepala negaranya dipilih dan diangkat berdasarkan kemauan dewan atau orang banyak, dan setiap orang dianggap memiliki hak yang sama untuk menjadi kepala negara.

Sistem Pemerintahan Jerman

Sistem Pemerintahan Demokrasi Parlementer di Jerman
      Sistem pemerintahan Jerman adalah sistem domokrasi parlementer. Ini berarti segala kebijakan politik pemerintahan ditentukan oleh kepala pemerintahan dan menteri-menterinya. Kepala pemerintahan adalah seorang kanselir yang dipilih oleh parlemen (Bundestag) dan berisi partai-partai pemenang pemilu.
        Dalam sistem pemerintahan Jerman kanselir federal merupakan satu-satunya anggota pemerintah federal yang dipilih. Ia memiliki hak untuk memilih sendiri para menteri dan menentukan jumlah kementerian serta portofolio masing-masing. Termasuk menentukan garis haluan negara yaitu menentapkan titik  berat pekerjaan pemerintah secara mangikat. Dengan hak-hak dimilikinya. Seorang kanselir punya kekuasaan sebanding dengan presiden di negara demokrasi presidensial.

Bentuk Pemerintahan Republik Federal di Jerman
        Federal adalah kata sifat (adjektif) dari kata Federasi. Biasanya kata ini merujuk pada pemerintahan pusat atau pemerintahan pada tingkat nasional. Federasi dari bahasa Belanda, federatie, berasal dari bahasa Latin; foeduratio yang artinya “perjanjian”. Dalam pengertian modern, sebuah republic federasi adalah sebuah bentuk pemerintahan di mana beberapa negara bagian bekerja sama dan membentuk negara kesatuan. Masing-masing negara bagian memiliki beberapa otonomi khusus dan pemerintahan pusat mengatur beberapa urusan yang dianggap nasional. Dalam sebuah federasi setiap negara bagian biasanya memiliki otonomi yang tinggi dan bisa mengatur pemerintahan dengan cukup bebas. Ini berbeda dengan sebuah negara kesatuan, di mana biasanya hanya ada provinsi saja. Kelebihan sebuah negara kesatuan, ialah adanya keseragaman antar semua provinsi.








TABEL PEMBANDING SISTEM PEMRINTAHAN INDONESIA DENGAN SISTEM PEMRINTAHAN JERMAN

PEMBANDING
INDONESIA
JERMAN
SISTEM PEMERINTAHAN
PRESIDENSIAL
DEMOKRASI PARLEMENTER
BENTUK PEMERINTAHAN
REPUBLIK
REPUBLIK FEDERAL
BENTUK NEGARA
KESATUAN
FEDERASI
SISTEM KEPARTAIAN
MULTILATERAL
MULTILATERAL
BADAN EKSEKUTIF
PRESIDEN SEBAGAI KEPALA NEGARA DAN PEMERINTAHAN
PEMERINTAH FEDERAL (BUNDESKANZLER), PRESIDEN FEDERAL (BUNDESPRESIDENT),
BADAN LEGISLATIF
MAJELIS PERMUSYAWARATAN RAKYAT (MPR) YANG TERDIRI DARI ANGGOTA
DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) DAN DEWAN PERWAKILAN DAERAH (DPD).

BUNDESTAG (DPR),
 BUNDESRAT (DEWAN UTUSAN NEGARA BAGIAN),
BUNDESVERSAMMLUNG (BADAN PERMUSYAWARATAN).
BADAN YUDIKATIF
MAHKAMAH AGUNG (MA) BERSAMA BADAN-BADAN KEHAKIMAN LAIN YANG BERADA DI BAWAHNYA.
MAHKAMAH KONSTITUSIONAL FEDERAL.
KONSTITUSI
UNDANG-UNDANG DASAR (UUD) 1945
UNDANG-UNDANG DASAR








2.Salah Satu Negara yang bersifat Monarki adalah :
Arab Saudi

Arab Saudi adalah negara Arab yang terletak di jazirah Arabyang beriklim gurun dan wilayahnya sebagian besar terdiri atas gurun pasir. Arab saudi mempunyai luas wilayah 2.149.690km2 dan mempunyai nama resmi Al-Mamlakah al-'Arabiyah as-Sa'ūdiyah, dan ibukota Arab saudi adalah Riyadh. Mayoritas penduduk di Arab saudi adalah beragama islam yaitu sekitar 93,7%. Pada tanggal 23 September 1932 Abdul Aziz bin Abdurrahman Al-Sa'ud memproklamasikan berdirinya Kerajaan Arab Saudi atau Saudi Arabia (Al-Mamlakah Al-'Arabiyah Al-Sa'udiyah) dengan menyatukan wilayah Riyadh, Najd (Nejed), Ha-a, Asir dan Hijaz. Abdul Aziz kemudian menjadi
raja pertama pada kerajaan tersebut. Dengan demikian dapat dipahami, nama Saudi berasal dari kata nama keluarga Raja Abdul Aziz Al-Sa'ud.
   Bentuk Negara : Kesatuan (sentralis)
Arab saudi mempunyai bentuk negara kesatuan (sentralis), yaitu merupakan negara yang pemerintah pusatnya memiliki kekuasaan penuh dan memegang kedudukan tertinggi dalam pemerintahan. Pada negara kesatuan, pemerintah membuat aturan yang menyangkut tentang nasib daerah secara menyeluruh. Pemerintah pusat mengatur setiap penduduk secara langsung yang ada di tiap-tiap daerah.

   Sistem Pemerintahan : Presidensil (Raja)
Sistem pemerintahan presidensil adalah sistem pemerintahan yang dimana badan eksekutif dan legislatif mempunyai kedudukan yang independen. Di Arab saudi, raja selain selaku kepala negara, ia juga merupakan perdana menteri, panglima tertinggi angkatan perang, penjaga dua tempat suci (Mekkah dan Madinah), mengangkat dan memberhentikan Dewan Menteri, menafsirkan hukum. Otoritas politik tertinggi di bawah raja adalah putra mahkota. Putra mahkota ini ditentukan oleh raja, asalkan tetap diambil dari keturunan Abdul Aziz. Putra mahkota di Arab saudi bisa memerintah atas nama raja meski mahkota belum diestafetkan.
Dewan Menteri bertindak selaku legislatif dan eksekutif pelaksana raja dan ini didasarkan atas restu raja. Para anggota dewan menteri pun keturunan Abdul Aziz. Majlis asShura adalah dewan konsultatif yang beranggotakan sekitar 120 orang dan bertugas memberi nasehat kepada raja. Raja di Arab saudi juga yang berhak mengangkat dan memberhentikan anggota majelis dan para hakim Ulama adalah lembaga yang ada dalam hukum dasar Arab Saudi yang fungsinya menjadi metode penafsiran hukum Islam yaitu Ijma (konsensus) dan Shura (Konsultasi). Anggota Ulama terdiri atas keturuan Abdul Aziz dan al-Wahhab.
   Latar Belakang Arab Saudi Berbentuk Negara Kesatuan dan Menganut Sistem Pemerintahan Presidensil.
Bentuk negara Arab Saudi adalah kesatuan (sentralis),Negara kesatuan adalah bentuk negara dimana wewenang kekuasaan tertinggi terletak dipusat begitu juga dengan kekuasaan terletak pada pemerintahan pusat dan tidak pada pemerintahan daerah.
Mengapa Arab Saudi berbentuk kesatuan adalah karena di Arab Saudi sangat menganut aturan dan ajaran islam, dan merupakan negara tempat berkembangnya agama islam. Dalam praktik sejarah politik ummat islam,sejak zaman Rasullah SAW jelas tampak bahwa islam dipraktekkan didalam ketatanegaraan sebagai Negara kesatuan,dimana kekuasaan terletak pada pemerintahan pusat ,gubernur-gubernur dan panglima-panglima diangkat serta diberhentikan oleh khalifah. Hal demikian juga yang diterapkan oleh Arab Saudi pada masa sekarang yaitu semua kekuasaan ada pada Raja. Arab Saudi menerapkan negara kesatuan yang berbentuk monarki dimana kepala negara (Raja) tidak dipilih atau ditentukan oleh suara rakyat melainkan berdasarkan keturunan.
Sistem pemerintahan Arab Saudi yaitu sistem pemerintahan presidensil karena dipimpin oleh raja dan semuanya terpusat di pusat bukan di daerah. Pemerintahan Arab Saudi terbagi atas 13 propinsi yang diperintah langsung oleh Raja. Undang-undang, pejabat pemerintah, dan pengadilan seluruhnya ada dibawah otorisasi Raja.
Sistem pemerintahan presindensil di Arab Saudi yaitu Raja selain selaku kepala negara, ia juga merupakan perdana menteri, panglima tertinggi angkatan perang, penjaga dua tempat suci (Mekkah dan Madinah), mengangkat dan memberhentikan Dewan Menteri, menafsirkan hukum. Tetapi Arab saudi dalam memilih pemimpin atau raja, rakyat tidak mempunyai wewenang dan pergantian raja adalah berdasarkan keturunan yang diambil dari keturunan Abdul Aziz
Latar belakang Arab Saudi menganut sistem pemerintahan presidensil adalah karena dipimpin oleh seorang raja tetapi sistem kekuasaannya menganut sistem monarki yang berarti pergantian Raja adalah berdasarkan keturunan. Yang melatarbelakangi hal tersebut adalah karena sejarahnya sejak dahulu di Arab Saudi memang menganut sistem tersebut. Akar sejarah Kerajaan Arab Saudi bermula sejak abad ke-12 H atau abad ke18 M. Ketika itu, di jantung Jazirah Arabia, tepatnya di wilayah Najd yang secara historis sangat terkenal, lahirlah Negara Saudi yang pertama yang didirikan oleh Imam Muhammad bin Saud di “Ad-Dir’iyah”, terletak di sebelah barat laut kota Riyadh pada tahun 1175 H./1744 M dan meliputi hampir sebagian besar wilayah Jazirah Arabia. Periode awal Negara Arab Saudi ini berakhir pada tahun 1233 H/1818 M. Periode kedua dimulai ketika Imam Faisal bin Turki mendirikan Negara Saudi kedua pada tahun 1240 H./1824 M. Periode ini berlangsung hingga tahun 1309 H/1891 M.
Pada tahun 1319 H/1902 M, Raja Abdul Aziz Rahimahullah berhasil mengembalikan kejayaan kerajaan para pendahulunya, ketika beliau merebut kembali kota Riyadh yang merupakan ibukota bersejarah kerajaan ini. Semenjak itulah Raja Abdul Aziz mulai bekerja dan membangun serta mewujudkan kesatuan sebuah wilayah terbesar dalam sejarah Arab modern, yaitu ketika beliau berhasil mengembalikan suasana keamanan dan ketenteraman ke bagian terbesar wilayah Jazirah Arabia, serta menyatukan seluruh wilayahnya yang luas ke dalam sebuah negara modern yang kuat yang dikenal dengan nama Kerajaan Arab Saudi. Penyatuan dengan nama ini, yang dideklarasikan pada tahun 1351 H/1932 M, merupakan dimulainya fase baru sejarah Arab modern. Dan sampai sekarang yang memimpin adalah berasal dari keturunan Abdul Aziz dan keluarga bangsawan lainnya.


   Analisa apakah efektif bentuk dan sistem pemerintahan tersebut
Bentuk negara Arab Saudi yang berbentuk kesatuan adalah efektif karena sejak dahulu arab saudi sudah mempunyai bentuk negara kesatuan yang berbentuk monarki absolut yang dikepalai oleh seorang raja. Mengenai sistem pemerintahan Arab Saudi Banyak negara - negara di dunia yang memandang sistem pemerintahan monarki atau kerajaan yang dijalankan di Arab Saudi merupakan sistem pemerintahan monarki yang kuno dan reaksioner. Bahkan menurut nasionalis Arab Saudi yang revolusioner, Arab Saudi adalah negara buatan yang dibentuk oleh kekuatan kolonial dalam rangka memenuhi kepentingan impreialisme barat. Walaupun pada kenyataannya pandangan sinis tersebut tidak sepenuhnya benar. Tetapi ada beberapa hal yang membuat efektif pada masa sekarang yaitu :
  • ·Dalam sistem monarki absolut Raja memiliki kekuasaan mutlak dalam pengambilan keputusan. Tetapi sistem ini, bukan berarti tidak ada demokrasi sama sekali, untuk Raja dan Pemerintah juga harus mempertimbangkan banyak opini publik. Adanya keterbukaan, dalam arti demokrasi yang tidak menghilangkan nilai monarki suatu pemerintah, bisa memberikan dampak yang cukup signifikan dalam perkembangan sosial, politik, dan ekonomi di Arab Saudi.
  • Undang-undang pewaris tahta kerajaan diamandemenkan oleh raja Abdullah dengan membentuk sukseesi kerajaan atau disebut sebagai allegiance institution.
  • Arab Saudi adalah negara yang kaya dengan sumber penghasilan sebagian besar dari minyak bumi. Dan Raja Arab Saudi berhasil memberi ketentraman kepada rakyat. Budaya politik partisipan utamanya banyak terjadi di negara-negara dengan tingkat kemakmuran dan keadilan yang cukup tinggi seperti Arab Saudi. meskipun dalam hal politik partisipasi publik belum demokrasi mereka merasa bahwa, hingga tingkatan tertentu, dapat mempengaruhi jalannya perpolitikan negara dan mereka mengerti bahwa mereka adalah warga negara yang punya sejumlah hak maupun kewajiban.











DAFTAR PUSTAKA




Unknown

Kadang seorang Blogger hanya butuh senyuman agar bisa nulis dan bisa menyelesaikan tugas dosen, saya membuat blogger ini untuk tugas dan juga saya ingin berbagi sesuatu yang mudah-mudahan berguna bagi anda.

5 komentar:

  1. Thanks for sharing your thoughts with us.. they are really 918kiss interesting.. I would like to read more from you.

    BalasHapus
  2. I think this post will pussy888 malaysia be a fine read for my blog readers too, could you please allow me to post a link to my blog. I am sure my guests will find that very useful.Valuable information! Looking forward to seeing your notes posted.

    BalasHapus
  3. Your experience is great
    rollex casino pc download and learning for other people.

    BalasHapus
  4. I visited your blog for the live22 apk first time and just been your fan. I Will be back often to check up on new stuff you post!

    BalasHapus
  5. Casino gambling is one of the most well-liked gambling games offered by dozens of approachable gambling agent services. {At | this time) This gambling game after that has compound variations, namely casino gambling games. Slot robot games are a nice of gambling game. Unlike a slot machine, it is impossible to gamble through Clicking Here a slot robot using a special slot machine for gambling. This game has a rather complicated game. But interesting try.

    BalasHapus