Pages

TUGAS 4 RISET OPERASI

PENYAJIAN PERSENTASI
Telah dilaksanakan tugas presentasi  yang membahas tentang Riset operasi (Operation Research) yang dibimbing oleh dosen mata kuliah riset operasi kami, yaitu Bapak Adi Kresno pada tanggal 11 Juni 2017. 
Hal – hal yang dibahas dalam presetasi ini adalah pengertian dari Riset Operasi, cabang – cabang dari riset operasi terbagi menjadi 2 yaitu, Deterministic danprobabilistic, metode – metode yang digunakan untuk menyelesaikan soal dalam riset operasi, yaitu metode grafik, metode matematis, dan table simpleks. Berikut adalah ulasan dari data penyajian presentasi dari kelompok 2.  
Riset operasi menurut bidang seni adalah kemampuan untuk merefleksikan konsep-konsep efisiensi dan sumber terbatas kedalam model (model matematis) pada situasi/ persoalan tertentu sedangkan menurut sains Riset Operasi adalah suatu aktivitas (riset operasional) yang berkenaan dengan  penggunaan sumber-sumber yang terbatas secara efisien. Riset Operasi terdiri atas berbagai cabang bidang study yaitu Deterministic dan Probalistic. 
1.                 Perbedaan Deterministic dan Probalistic
Deterministic yang berarti datanya sudah pasti, dan terdiri dari :
1.                  1.      Program Linear
                     2.      Model Tranportasi dan Transhipment
                     3.      Model Asignment
                     4.      Analisa Jaringan
                     5.      Teori Antrian
Sedangkan Probalistic yang berarti datanya berupa probability (kemungkinan), dan terdiri dari
1.  Perencanaan dan pengendalian: PERT-CPM
2.  Game Theory
3.  Inventori Control
4.  Dynamic Programming
Dsb
2.                Progam Linier
Dalam Riset operasi pun terdapat program linier dimana arti dari “program” adalah perencaan dan “linier” adalah model matematis dalam model ini merupakan fungsi linear.
Perencanaan aktivitas untuk memperoleh hasil yang optimal. Dalam LP, suatu persoalan harus diubah kedalam model matematis. Selanjutnya model tersebut dapat diselesaikan dengan metode Grafik atau metode simpleks.
Contoh soal
setiap kubik Campuran Grade A dapat dihasilkan dengan 1 jam kerja operator dan 4 ton semen dengan laba per kubik $80. Campuran Grade B dengan 2 jam kerja operator dan 3 ton semen dengan laba per kubik $100. Mengingat sumber tenaga kerja dan bahan baku terbatas, manager perusahaan ingin mengetahui berapa banyak campuran Grade A dan Grade B harus diproduksi per minggu untuk mencapai laba maksimum.
3.                Model Matematis  
Tujuan dari persoalan ini adalah memaksimumkan laba, dengan kendala keterbatasan sumber-sumber (tenaga operator dan bahan baku) yang terbatas per minggu
Misalkan :
x1 = jumlah kubik campuran grade A yang diproduksi per minggu
x2 = jumlah kubik campuran grade B yang diproduksi per minggu
Jika total laba dinotasikan dengan Z, maka didapatkan
Fungsi Tujuan:
Maksimumkan  Z = 80 x1  +  100  x2
4.                Metode Grafik
Dalam penyesaian dengan metode grafis model matematis berbentuk pertidaksamaan. Untuk penyelesaian dengan metode Simpleks model harus diubah kedalam bentuk persamaan. Untuk itu diperlukan variabel bantu dengan variabel Slack (S). Nilai variabel S dapat bertanda (+) atau (-), tergantung permasalahannya apakah persoalan Minimum atau Maksimum. Dengan demikian model matematis untuk contoh diatas menjadi,
Maksimumkan Z =   80 x1  +  100  x2  +  0 S1  +  0 S2
1 x +  4 x2 +   + 1 S1  +  0 S2  =  40
4 x1  +  3 x2  +  + 0 S1  +  1S2   =  120
Evaluasi nilai Z pada titik sudut daerah layak OACD adalah,
O (0,0) →Z = 80 (0)   + 100 (0)     = 0
A (0,20)           →Z = 80 (0)   + 100 (20)   = 2000
B (24,8)           →Z = 80 (24) + 100 (8)     = 2720     √
C (30,0)           →Z = 80 (30) + 100 (0)     = 2400
Jadi keuntungan maksimum adalah $ 2720 , dengan memproduksi  X1 (Grade A) = 24 kubik/ minggu dan X2 (Grade B) = 8 kubik/ minggu

Unknown

Kadang seorang Blogger hanya butuh senyuman agar bisa nulis dan bisa menyelesaikan tugas dosen, saya membuat blogger ini untuk tugas dan juga saya ingin berbagi sesuatu yang mudah-mudahan berguna bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar